Teknik Kerajinan Logam yang Sangat Mempesona

Kerajinan logam atau biasa juga dinamai kriya logam. Yaitu merupakan keterampilan untuk membuat barang-barang yang memiliki nilai guna dengan menggunakan logam.

 

Kerajinan logam sendiri menggunakan media seperti tembaga, alumunium, dan kuningan. Dengan menggunakan teknik pengolahan seperti patri, las, cor, dan ketok. Yang biasana dilakukan oleh para pengrajin logam. Di zaman dulu sudah ada seni kriya logam juga seperti nekara, moko, kapak, candrasa, bejana, dan topeng emas. Namun kualitasnya belum sebagus sekarang. Sekarang ini terdapat 2 teknik mengolah kerajinan logam. Yaitu teknik 2 dimensi dan teknik 3 dimensi.

 

Copper Tile
Copper Tile

Teknik Kerajinan Logam yang Mempesona

Di dalam kerajinan logam terdapat 2 teknik untuk menghasilkan kerajinan logam yang mempesona. Yaitu teknik 2 dimensi dan teknik 3 dimensi. Untuk mengetahui kedua teknik ini lebih lanjut, simak penjelasan dibawah ini:

 

  1. Teknik 2 dimensi

Kerajinan logam 2 dimensi dilakukan dengan membuat desain gambar terlebih dahulu dengan menggunakan kertas HVS A4. Setelah itu tempelkan gambar yang telah dibuat di HVS pada bahan logam, misalnya aluminum. Proses pembuatan pada alumunium dilakukan dengan menggunakan bollpoint bekas yang ditekan dan mengikuti kontur desai gambar yang telah dibuat. Setelah gambar terbuat, cabutlah kertas dari permukaan alumunium. Lalu pada bagian bawah alumunium dialasi dengan busa atau anduk kecil. Kemudian tekan hingga objek gambar terbentuk dan menonjol layaknya relief.

 

  1. Teknik 3 dimensi

Untuk teknik 3 dimensi biasanya memakai beberapa kali pengecoran dan penempaan. untuk cara pengecoran siapkan terlebih dahulu alat yang diperlukan. Lalu bentuk cetakan dasa menggunakan bahan seperti lilin yang telah dibentuk. Cetakan lilin dibungkus sehingga cairan dari logam tidak keluar. Kemudian bakar logam ditungku pembakaran sampai meleleh. Apabila sudah tuangkan pada cetakan dasar. Apabila sudah mengering keluarkan dari cetakan dan keringkan. Setelah kering dihaluskan terlebuh dahulu.

 

Kerajinan logam memang terlihat mudah tapi apabila anda belum pro akan mengalami kesulitan. Jadi harus banyak berlatih dulu agar dapat handal.

error: Konten Dilindungi !!